Halaman

Minggu, 12 Juni 2011

MENCARI NILAI KORELASI DAN REGRESI LEWAT MINITAB 15. CARA MENGGUNAKAN MINITAB 15

MENCARI NILAI KORELASI DAN REGRESI LEWAT MINITAB 15 DAN STATISTIX 8

jUNI 12 2011, 

Joni Warman

 

Mencari Korelasi Pearson dan Persamaan Regresi Linear


Berikut ini adalah tabel tentang hubungan antara lama penggunaan mesin produksi pellet dengan kuantitas hasil produksi pellet pakan ternak yang dihasilkan dan akan dicari nilai korelasi serta regresinya dengan menggunakan software minitab 15 dan statistix 8.



























































KelasLama Penggunaan (jam)Kuantitas Hasil (ton)
1210
1420
2650
2655
2860
2865
2870
3975
3980
31085

Aplikasi Minitab 15

Mencari Nilai Korelasi Pearson

Setelah aplikasi minitab 15 dibuka data pada tabel di atas dimasukkan. Ketik Kelas pada kolom C1, Lama di C2, dan Kuantitas di C3. Kemudian pilih Stat pada menu bar, pilih Basic Statistics, lalu pilih Correlation. Setelah itu, kotak dialog akan muncul. Sorot C2 C3 pada kotak Variables, lalu di- Select. Klik di kotak Display p-value sampai dengan tertera tanda ceklis (√), kemudian klik OK.

Mencari Nilai Regresi

Pilih Stat pada menu bar, pilih Regression, lalu pilih Regression. Setelah itu, kotak dialog akan muncul. Sorot C3 pada kotak Responses, C2 di Predictors. Klik OK.

Aplikasi Statistix 8

Mencari Nilai Korelasi Pearson

Setelah aplikasi statistix 8 dibuka, data pada tabel di atas dimasukkan. Pilih Statistics pada menu bar, kemudian pilih Linear Models dan pilih Correlation (Pearson). Ketika kotak dialog muncul, klik LAMA pada kotak dialog Correlation, lalu klik tanda panah arah kanan. Setelah itu, klik PRODUKSI dan klik tanda panah arah kanan, klik OK. Jangan lupa beri tanda ceklis (√) pada Fit Constant dan Compute P-Values, lalu klik OK.

Mencari Nilai Regresi

Pilih Statistics pada menu bar, kemudian pilih Linear Models dan pilih Linear Regression. Sorot PRODUKSI di kotak dialog pada Variables; di Dependent Variable, klik tanda panah arah kanan. Jangan lupa beri tanda ceklis (√) pada Fit Constant, lalu klik OK.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar