ANALIIS STAANDAR ISI KURIKULUM PENDIDIKAN BERKARAKTER
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN : MatematikaKelas semester : VIII/1Taun Pelajaran : 2005/2006
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
ASPEK
|
P. Kons
|
P. Kom
|
P.mas
|
- Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis, serta menggunakan nya dalam pemecahan masalah
|
4.1 Menyelesaikan Operasi Bentuk Aljabar
4.2 Menentukan factor-faktor suku ajabar.
4.3 Menyelesaikan Operasi pecahan bentuk aljabar.
4.4 Menyatakan bentuk fungsi
4.5 Mengitung nilai fungsi |
- Menjelaskan pengertian koefisien, variable, konstanta, suku satu, suku dua dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
- Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali dan pangkat dari suku satu, suku dua
- Menyelesaikan pembagian suku sejenis atau tidak sejenis
- Memfaktorkan suku bentuk aljabar sampai dengan suku tiga
- Menyederhanakan pembagian suku
- Menyelesaikan perpangkatan konstanta dan suku
- Menyelesaikan operasi tambah, kuarang, kali bagi dan pangkat pecan benruk aljabar dengan penyebut suku satu ,suku dua
- Menyederanakan pecahan bentuk aljabar
- Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah seari-hari yang berkaitan dengan fungsi
- Menyatakan fungsi yang terakit dengan kejadian sehari-hari
- Menggambar grafik fungsi dalam koordinat Cartesius
- Mengitung nilai suatu fungsi
- Menyusun tabel fungsi
- Menghitung nilai perubahan fungsi jika variabel berubah
- Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
|
|
|
|
5 Menentukan Panjang suatu garis dalam segitiga serta dapat menggunakannya dalampemecahan masalah |
5.1 Menemukan dalil Pythagoras
5.2 Menggunakan dalil Pytagoras
5.3 Menentukan panjang garis tinggi
5.4 Menentukan panjang garis berat dan titik berat |
- Menjelaskan dan menemukan dalil Pythagoras dan syarat berikutnya.
- Menuliskan dalil Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga
- Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika sisi lain diketahui
- Menentukan jenis segitiga jika diketaui panjang sisi-sisinya
- Mengitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku kusus ( sala satu sudutnya 30, 45, 60 derajad)
- Mengenal proyeksi suatu garis dan menurunkan rumus panjang proyeksi
- Mengitung tinggi segitiga dengan rumus
- Menghitung luas segitiga sembarang dengan rumus
- Menghitung luas segitiga sembarang dengan cara mengukur langsung
- Memperagakan dengan benda kongkrit titik berat segitiga dalam kaitannya dengan kesetimbangan
- Melukis garis berat
- Mengitung panjang garis berat pada segitiga dengan rumus.
- Menentukan titik berat segitiga
|
|
|
|
6 Mengidentifikasi Lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya |
6.3 Mengenali lingkaran dan bagian-bagiannya
6.4 Menghitung besaran-besaran pada lingkaran |
- Membedakan lingkaran dan bidang lingkaran serta dapat menyebutkan unsure-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring dan tembereng
- Menentukan nilai p (phi)
- Melukis lingkaran dalam, lingkaran luar suatu segitiga serta menggambar lingkaran melalui tiga titik yang diketaui
- Menghitung keliling dan luas bidang lingkaran
- Menghitung besarnya perubahan luas jika ukuran jari-jari berubah
- Menghitung panjang busur, luas juring dan luas tembereng
- Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika mengadap busur yang sama.
- Menentukan besar sudut-sudut keliling jika mengadap diameter dan busur yang sama.
|
|
|
|
………………………,………………………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………………………… JONI WARMAN
NIP. ………………………… NIP………………..
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN : Matematika
Kelas semester : VIII/2Taun Pelajaran : 2005/2006
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
ASPEK
|
P. Kons
|
P. Kom
|
P.mas
|
- Memahami dan melakukan operasi aljabar, fungsi, persamaan garis, serta menggunakanya dalam pemecahan masalah
|
4.6 Menemukan sifat-sifat persamaan garis lurus.
4.7 Menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis
4.8 Menjelaskan Bentuk-bentuk system persamaan linear dua vareabel (SPLDV)
4.9 Menyelesaikan SPLDV |
- Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan vareabel
- Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat Cartesius
- Mengenal pengertian dan menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk
- Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dengan gradien tertentu
- Menentukan koordinat titik potong dua garis
- Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah
- Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
- Menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLDV
- Mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variable
- Mengenal variable dan koefisien SPLDV
- Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV
- Menjelaskan arti kata “dan” pada solusi SPLDV
- Menentukan penyelesaian SPLDV dengan substitusi, eliminasi, dan grafik
- Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang melibatkan SPLDV
- Menyelesaikan sistem persamaan non linear dua variable dengan menggunakan bentuk SPLDV
|
|
|
|
- Mengidentifikasi Lingkaran serta menentukan besaran-besaran yang terkait didalamnya
|
6.3 Mengenali sifat-sifat garis singgung lingkaran
6.4 Menentukan panjang garis singgung |
- Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran
- Mengenali bahwa melalui suatu titik pada lingkaran hanya dapat dibuat satu garis singgung pada lingkaran tersebut
- Membuat dan menggambar dua garis singgung lingkaran yang melalui satu titik diluar lingkaran
- Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran: berpotongan, bersinggungan, saling lepas
- Melukis dan menghitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran
- Melukis dan menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran
- Mengitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran dengan rumus
|
|
|
|
7 Mengidentifikasi bangun ruang sisi lengkung (BRSL) |
7.1 Menentukan luas selimut dan volum tabung, kerucut dan bola
7.2 Menghitung besar perubahan volum |
- Menyebutkan unsur-unsur jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung dan kerucut
- Melukis jarring-jaring tabung dan jarring-jaring kerucut
- Menghitung luas selimut tabung, kerucut dan bola
- Menghitung volum tabung, kerucut dan bola
- Menghitung unsur-unsur BRSL jika volume BRSL diketahui
- Mengitung perbandingan volume tabung, kerucut, dan bola karena perubahan ukuran jari-jari
- Menghitung besar perubahan volume tabung, kerucut, dan bola jika jari-jari berubah
|
|
|
|
………………………,………………………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………………………… JONI WARMAN
NIP. ………………………… NIP………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar