Halaman

Jumat, 27 Januari 2012

KUNCI TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA

TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SLTA
JONI WARMAN, STKIP PGRI SUMATERA BARAT

MATERI KULIAH:

1. Landasan, prinsip, komponen, dan struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

2. Standar isi kurikulum matematika SLTP dan SLTA, analisis standar isi (peta konsep), tujuan pembelajaran matematika SLTP/SLTA, dan standar kompetensi Lulusan, pendidikan karakter (dalam pembelajaran matematika)


3. Standar kompetensi guru (pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial)

4. Observasi pelaksanaan pembelajaran matematika di SLTP/SLTA (SBM, KDM, aktivitas belajar, Evaluasi, analisis materi ajar),
Bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika?

5. Khusus aktivitas belajar, mencermati dengan seksama bagaimana prilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika:
kapan siswa mulai belajar matematika? bagaimana prosesnya?,
adakah siswa yang tidak belajar? kenapa?
apa usaha guru untuk mengatasinya?
Manfaat apa yang saya peroleh dari pembelajaran saat ini?

Buku Rujukan:
Permendiknas Nomor 22, 23, 24 tahun 2006 standar isi dan kompetensi lulusan
Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 standar penilaian
Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses
Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang kompetensi guru
PP RI Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pedidikan

SISTEMATIKA LAPORAN:
Daftar Isi …………………………………………………………….
Kata Pengantar ……………………………………………………..
Daftar Lampiran ……………………………………………..
Daftar Gambar ………………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II KAJIAN TEORI
Kajian teori yang Relevan, uptodate/Terkini, dan Memadai (Kedalaman, ragam sumber, minimal dua sumber dari internet).
BAB III HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN
A. Tempat dan Jadual Observasi
B. Instrumen atau Alat Pengumpul Data
C. Hasil Observasi (sesuai dengan permasalahan yang diajukan)
D. Pembahasan (temuan hasil observasi dan dikonfirmasikan dengan kajian teori)
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan (jawaban dari permasalahan)
B. Rekomendasi (Saran)
DAFTAR KEPUSTAKAAN
LAMPIRAN



LANGKAH-LANGKAH KERJA:
1. MENENTUKAN TOPIK
2. MERUMUSKAN MASALAH
3. MENENTUKAN SEKOLAH SASARAN
4. MENDISKUSIKAN MASALAH UNTUK DISEMPURNAKAN (MENYUSUN FORMAT OBSERVASI, ATAU MENYUSUN INSTRUMEN, DLL)
5. MELAKUKAN OBSERVASI (MENGURUS SURAT IZIN, MENYIAPKAN FORMAT, DAN BAHAN YANG AKAN DIOBSERVASI, DLL)
6. MENYUSUN LAPORAN
7. MENDESSIMINASIKAN LAPORAN
8. MENYERAHKAN LAPORAN AKHIR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar